Jumat, 08 Januari 2016

Hal Misterius Apa Sih yang Terjadi Saat Kita Menekan Tombol Shut Down di Komputer?

Apakah kamu tau, apa sih yang terjadi ketika kita menekan tombolShut Down di PC maupun laptop kita? Mengapa kita harus menekan tombol tersebut setiap ingin mematikannya? Melalui artikel berikut ini, kami akan kasih tau rahasia di balik proses shut down di Windows yang selalu kita lakukan sehari-hari.

Apa yang Sebenarnya Terjadi Ketika Kita Menekan Tombol Shut Down di Komputer?

Memang masih banyak orang yang terheran-heran mengenai proses shut down yang acap kali ditemukan di komputer. Kenapa kita harus menekan tombol shut down dan apa pula gunanya tombol tersebut. Setiap kita menekannya, akan muncul icon loading yang seolah-olah tanpa arti dan tidak menyampaikan informasi apa-apa kepada pengguna mengenai apa yang terjadi di belakang layar.
shutdown-1
Sebenarnya, proses shut down di komputer memang penting dan sangat dianjurkan demi keselamatan dari file yang kamu simpan di HardDisk. Meskipun kita sadar bahwa setiap file, dokumen, setting, dan berbagai hal di komputer sudah di-save bahkan sebelum kita menutup software-nya, namun semua itu bisa menjadi sia-sia apabila proses shut down tidak dilakukan.
Ada banyak sekali proses yang dilakukan ketika kamu menekan tombol shut down. Windows membutuhkan proses tersebut untuk:
  • Memeriksa apakah masih ada software yang belum ditutup secara benar, agar menghindari terjadinya errormaupun tidak tersimpannya film secara benar.
  • Menghentikan background service (yang selama ini tidak terlihat ketika kita menggunakan komputer).
  • Menunggu instruksi penghentian program yang dilakukan oleh service yang berjalan.
  • Membersihkan cache di Harddisk.
  • Menulis file log atau file rekaman dari software yang memerlukannya (biasanya ini berguna dalam haltroubleshooting atau debugging).
  • Log-out seluruh user yang sedang tersambung.
  • Mematikan Shell.
  • Memulai proses penginstalan update yang sebelumnya telah di-download (apabila ada).
  • Mengirimkan sinyal ACPI shutdown (proses inilah yang secara otomatis akan mematikan mesin komputer).
shutdown-2
Bila kita lihat dari serangkaian proses tersebut, terlihat dengan jelas bahwa proses menekan tombol shut downakan sangat terasa manfaatnya apabila dibandingkan dengan ketika kamu mematikannya secara paksa. Windows sangat membutuhkan proses tersebut akan segala hal dapat diletakkan ke posisinya masing-masing dan agar ketika komputer dinyalakan kembali di lain waktu, maka log hingga posisi file yang dibutuhkan sudah tersedia di posisinya masing-masing.

Registry Juga Terpengaruh Akan Shut Down Ini

Bagian registry dari Windows dan software-software lainnya juga tentu saja terpengaruh dari aktivitas shut downini. Aktivitas pembacaan dan penulisan registry memang akan sangat intens dan membutuhkan penanganan khusus. Jika kamu tidak mematikan komputer dengan benar, maka registry yang sedang ditulis atau sedang digunakan berisiko untuk rusak dan mengacaukan alur dari sebuah software. Sayang sekali bukan apabila sebuahsoftware dengan komponen yang besar dan kompleks seperti Microsoft Office atau bahkan Adobe Photoshop harus error dan tidak dapat digunakan hanya karena kamu merusak registry-nya.
shutdown-3
Jadi, selalu ingat untuk mematikan komputer dengan baik dan benar ya, guys. Jika ada yang kurang dalam penyampaian di artikel ini, jangan lupa untuk untuk ikut serta berpendapat di kolom komentar di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar