Rabu, 06 Januari 2016

5 Tips WAJIB Buat Kamu yang Berniat Beli Smartphone di 2016

Tahun 2016 sudah di depan mata nih. Apakah kamu sudah siap untuk menyambut kembali gadget-gadget baru yang akan hadir dalam bentuk yang lebih cantik dengan fitur yang lebih canggih? Maka dari itu, biar kamu gak pusing, melalui artikel ini akan kami berikan kamu 5 Tips Memilih Smartphone di Tahun 2016.
 tips memilih smartphone yang akan kita bahas kali ini meliputi baterai, tampilan layar, kamera, fitur, dan dukungan terhadap update sistem operasi terbaru.

5 Tips WAJIB Buat Kamu yang Berniat Beli Smartphone di 2016

1. Baterai

panduan-memilih-hp-2016-1Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa baterai adalah segalanya. Ibu dari berbagai macam kebutuhan kamu dalam memilih smartphone. Apalah gunanya spesifikasi bagus namun tidak dapat kamu manfaatkan secara lama dan awet. Untuk di tahun 2016, seiring dengan bertambah canggihnya fitur dan spesifikasi yang ditawarkan, maka itu semua akan berbanding lurus dengan pemakaian baterai yang semakin rakus.
Tapi jangan khawatir, bukan berarti jika kamu menginginkan HP baterai besar juga harus mengorbankan kocek yang besar pula. Kami sudah menyediakan artikel khusus yang menyajikan 8 Smartphone Android Murah dengan baterai Besar. Di sana ada 8 HP keren yang sudah atau akan hadir di tahun 2016, dengan harga yang terjangkau jika dibandingkan dengan spesifikasi yang ditawarkan. Mulai dari Asus Zenfone Max, Lenovo Vibe P1, hingga Xiaomi Redmi Note 3.

2. Tampilan Layar

panduan-memilih-hp-2016-2AMOLED vs LCD? Apakah duel kedua teknologi display tersebut masih begitu penting? Seperti yang sudah kami jelaskan di poin sebelumnya, kebutuhan adalah hal yang penting untuk kamu sesuaikan dengan HP yang akan dibeli. Ada banyak sekali faktor yang harus kamu pertimbangkan jika ingin menilai sebuah smartphone dari layar yang disediakan.
Semua itu termasuk mengenai sudut penglihatan, kecerahan di luar ruangan, hingga kalibrasi warna. Selalu pertimbangkan, apakah kamu lebih sering menggunakan smartphone di luar ruangan atau di dalam ruangan, apakah membutuhkan kepadatan piksel yang tinggi atau yang biasa saja (biasanya ini dipertimbangkan untuk kamu yang suka membaca di smartphone), dan pertimbangkan pula kekayaan warna yang disediakan, mengingat anak muda masa kini lebih sering mengambil foto dan menilainya melalui layar kan.
Poin penting lainnya adalah, selalu bandingkan satu smartphone dengan smartphone lainnya secara langsung. Bandingkan dengan kedua tangan kamu. Itu membuat kamu bisa menilai secara lebih obyektif layar yang disediakan dari bermacam-macam tipe smartphone.

3. Kamera

panduan-memilih-hp-2016-3Sebel banget ngeliat promo dan iklan yang disediakan oleh setiap vendor smartphone mengenai spesifikasi kamera yang mereka miliki. Megapiksel lagi, megapiksel lagi. Padahal, ukuran gambar yang bisa diambil bukanlah segalanya. Apalah gunanya megapiksel yang tinggi namun kamu tidak dapat mengambil gambar di kondisi cahaya yang minim.
Selalu utamakan memilih smartphone dengan kamera yang berlimpah fitur, mulai dari kemampuannya dalam mengambil gambar di kegelapan, kalibrasi yang disediakan, hingga software kamera di dalamnya yang menyediakan segudang fitur tweak bagi penggunanya.
Selain itu, ini dia poin yang gak kalah penting. Semakin besar dan canggihnya sebuah kamera membuat smartphone akan lebih cepat panas. Daya yang dibutuhkan menjadi lebih boros, dan kembali ke poin pertama bahwa daya tahan baterai adalah segalanya.
Cek juga ya artikel kami mengenenai Panduan Jitu Memilih Kamera Smartphone Terbaik.

4. Fitur (dan Gimmick)

panduan-memilih-hp-2016-4Siapa di sini yang kemarin terpukau melihat Samsung mengeluarkan HP baru degan sudutnya yang melengkung? HP tersebut punya nama Samsung Galaxy S6 Edge dan ia menjadi HP pertama di dunia dengan layar lengkung di kedua sisi. Tapi, apakah kamu perlu semua gimmick tersebut?
Kembali lagi ke kebutuhan dan godaan pasar. Semakin keren gimmick yang diberikan akan membuat harga yang disematkan ke gadget tersebut semakin mahal. Tapi belum tentu kamu butuhkan. Selalu ingat bahwa HP menjadiextension bagi otak kamu. Semakin HP bisa membantu kamu dalam banyak hal, maka otak kamu akan lebih terbantu dan berbagai aktivitas pun akan lebih lekas terselesaikan berkat bantuan smartphone.
Jika kamu memang membutuhkan fitur yang keren tanpa harus meninggalkan kesan fungsional, maka selalu cek dan ricek fitur yang disediakan apakah memang berfungsi dengan baik, seperti dapat digunakan untuk reminder, notifikasi ynga lebih baik, dan hal-hal produktivitas lainnya.

5. Update Sistem Operasi

panduan-memilih-hp-2016-5Ini juga penting. Selalu cek apakah smartphone yang ingin kamu beli mendukung update dan upgrade sistem operasi yang lebih baru. Poin ini mengingat bahwa Android selalu menyajikan pembaharuan yang berkala dan tentu tidak semua smartphone dapat mengejarnya. Vendor yang baik akan selalu memberitahukan penggunannya mengenai dukungan update sistem operasi dan penambalan fitur-fitur yang cacat secara rutin.
Jika kamu melihat ada vendor yang jarang melakukan hal tersebut (dengan memeriksanya di berita-berita yang beredar), maka sudahlah tidak perlu berharap banyak terhadap vendor tersebut. Masih banyak perusahaan lainnya yang care terhadap customer-nya kok.
Akhirnya kamu sudah siap deh untuk menyambut gadget dan smartphone terbaru di tahun 2016. Awas, jangan tertipu dengan model bagus dan harga murah semata ya, karena seluruh kebutuhan dan selera hanyalah kamu yang bisa menentukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar